Kamis, 14 Juni 2012


RENUNGAN HARIAN HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP)


14 JUNI 2012


HARAPAN DAN PEMBAHARUAN


Yeremia  31 : 17

“Masih ada harapan untuk hari depanmu, demikianlah firman TUHAN: anak-anak akan kembali ke daerah mereka.”

                Anak-anak adalah generasi bangsa, merupakan istilah yang tidak asing lagi didengar. Bila ada peperangan, maka kaum perempuan dan anak-anak pasti mendapat perlindungan ekstra karena jika mereka ikut terbunuh maka habislah generasi mereka. Sebegitu pentingnya anak-anak bagi bangsa dan negara sehingga patutlah pendidikan dan moralitas anak harus dibangun sedini mungkin. Sebab jika moralitas anak maupun generasi muda hancur oleh kepentingan ekonomi hiburan seperti televise, radio, handphone dan internet. Sangat mudah untuk mengakses hiburan yang merusak mental namun sangat sulit untuk memulihkan mental dan moralitas anak yang sudah rusak.

                Firman TUHAN melalui nabi Yeremia mengatakan, “masih ada harapan untuk hari depanmu,… anak-anak kembali ke daerah mereka”, yang memberi jalan bagi kita, bahwa TUHAN selalu meberi pembaharuan dalam hidup kita dan meletakkannya dalam hati kita, sehingga kita tinggal dimana seharusnya kita tinggal. Karena itu, apa yang akan kau lakukan sekarang, lakukanlah sekarang, jangan tunggu sampai esok. Sebab yang kita katakan esok akan dimulai dari sekarang. Allah akan terus memperbaharui kita melalui generasi yang lebih muda. Inilah tugas orang tua di masa yang semakin sulit ini, bahwa sesibuk-sibuknya mereka pendidikan dan kesejahteraan, kasih sayang dan perhatian harus tetap diberikan kepada anak. Tidak menunggu sampai besok, tetapi memulai dari sekarang.uang memang perlu tetapi apalah artinya uang jika seseorang yang menggunakannya, tidak dapat menggunakannya dengan baik, semuanya akan terbuang.

                Oleh karena itu hendaknya firman TUHAN dalam Ulangan 6:6-9 itu terngiang dalam hati kita :” Apa yang kuperintahkan kepadamu hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun… mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjafi lambing di dahimu… menuliskannya pada tiang pintu gerbangmu.” Amin !

Renungan :

Mulailah pembaharuan dari sekarang jangan tunggu esok.

Acara: 1) Bernyanyi KJ HKBP No.475 : 1-2 “Kau Tetap akan Kuturut” BL. 92 2) Nats : Yeremia 31 :17 3)Keterangan : 4) Pokok Doa : Tuhan baharuilah hati dan pikiran kami supaya dapat mengajarkan pembaharuan kepada generasi muda gereja.  Amin 5) Bernyanyi : KJ HKBP No. 187 : 1-3 “ Betapa Nikmat Bimbinganmu”  BL. 200  6) Doa : Bapa Kami…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar